“The power of imagination makes us infinite.”

~John Muir

Lihatlah gambar di bawah ini:

Gambar apakah ini?

Apakah Anda tahu gambar apakah di atas?

Jika Anda menjawab tidak tahu, OK, tidak masalah.

Jika Anda menjawab gambar di atas adalah gambar bunga abstrak yang ditumpuk dan terkesan tak beraturan, yak, selamat!!! Anda benar, tapi tidak sepenuhnya benar!

Jika dilihat sekilas, gambar di atas memang seperti gambar dua dimensi aneh yang tak bermakna. Tapi, jika kita melihat lebih jauh lagi, kita akan melihat sesuatu yang luar biasa. Suatu pesan tersembunyi berupa gambar tiga dimensi akan ditemukan didalamnya!

Gambar di atas disebut dengan Stereogram. Nah, apakah stereogram itu? Mari kita bertanya pada Mbah Google. Hehehe.

Pertama-tama, kita lihat dari katanya. Apa itu stereo? Stereo, sebagaimana penulis mengetahui, adalah bentuk implementasi yang luas dari suatu dimensi agar secara maya dapat menghasilkan dan memberikan efek yang lebih luas dan lebih mendalam.

Bingung kan? Supaya tidak bingung, kita langsung ke contoh saja. Pernah dengar ada jenis sound yang mono dan stereo? Nah, pada sound mono (atau biasa disebut sebagai monophonic), suara ditransmisikan dengan level yang sama sehingga kita mengasumsikan suara tersebut direpresentasikan sebagai satu jenis suara saja. Pada sound stereo (atau biasa disebut stereophonic), suara ditransmisikan dengan level yang berbeda, seakan-akan pendengar mendengar langsung dari sumber suara nyata yang didengarnya. Kira-kira seperti itulah yang dimaksudkan dengan stereo. Semoga Anda lebih mengerti mengenai pengertian stereo (dan penulis mengasumsikan Anda mengerti, hehe :p ).

Setelah tahu apa itu stereo, langsung saja kita ke masalah utama. Apa itu stereogram?

Stereogram adalah sebuah ilusi optik yang memanfaatkan kedalaman yang tercipta dari satu atau lebih gambar dua dimensi yang flat. Sebetulnya, pada awalnya, stereogram adalah sepasang gambar stereo yang dilihat dengan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan Stereoscope. Ada beberapa jenis stereogram, diantaranya adalah Anaglyphs dan Autostereogram. Ketika ditemukan pada tahun 1838 oleh Charles Wheatstone, Wheatstone menemukan suatu penjelasan mengenai binocular vision yang menuntunnya membuat stereoscope yang cara kerjanya berdasarkan pada prinsip kerja prisma dan cermin sehingga seseorang dapat melihat gambar tiga dimensi dari gambar dua dimensi. Stereoscope selanjutnya dikembangkan oleh Sr. Oliver Wendell Holmes pada tahun 1861, dimana stereoscope yang dikembangkannya tidak membutuhkan prisma dan cermin sehingga lebih murah dibuat.

Dalam perkembangannya, stereogram kembali populer setelah munculnya autostereogram yang dibuat dengan menggunakan komputer, dimana gambar 3D disembunyikan di dalam gambar 2D sampai orang yang ingin mengamatinya harus memfokuskan mata dengan tepat sehingga dapat melihat gambar 3D tersebut.

Banyak cara untuk dapat melihat gambar yang tersembunyi pada stereogram. Salah satunya adalah dengan menggunakan stereoscope. Cara lainnya adalah dengan mengubah fokus mata kita. Cara untuk mengubah fokus mata kita juga banyak jalannya. Nah, salah satunya sebagai berikut

1. Dekatkan muka Anda di depan gambar 5 cm depan wajah.

2. Kaburkan pandangan (jangan memperhatikan detail gambar latar).

3. Lalu jauhkan gambar secara perlahan sampe kira-kira 20cm, tahan gambar.

4. Tetap kaburkan pandangan, jangan sampe berkedip,

apabila berkedip ulangi langkah 1.

5. Bila sudah berhasil melihat sebagian image, geser pandangan ke seluruh image

secara perlahan, agar terlihat image 3 dimensi secara utuh.

Namun, ternyata tidak semua orang bisa melihat pesan rahasia yang terdapat dalam stereogram. Alasannya dipaparkan oleh Jason Weekley A.B.O.C., L.D.O. pada sebuah artikel yang berjudul “Why Some People Cannot See Hidden Stereogram Images” . Artikel dapat dilihat di http://www.eyetricks.com/stereograms/stereowhy.htm.

Beberapa contoh stereogram yang lainnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Contoh Gambar Stereogram 1

Contoh Gambar Stereogram 2

Contoh Gambar Stereogram 3

Contoh Gambar Stereogram 4

Contoh Gambar Stereogram 5

Contoh Gambar Stereogram 6

Contoh Gambar Stereogram 7

Contoh Gambar Stereogram 8

Contoh Gambar Stereogram 9

Jenis stereogram yang ada pada awal ditemukannya.

Contoh Gambar Stereogram 10

Indah. Itulah kesan pertama penulis ketika menemukan pesan-pesan tersembunyi yang simpan pada stereogram. Kebanyakan, isi pesan tersembunyi tersebut adalah binatang dan tanaman, tapi saat ini sudah banyak stereogram yang memuat gambar lainnya seperti meja, kursi, buku, dan lainnya. Dan tentu saja semuanya menarik (paling tidak bagi penulis, hehehe).

Bagi Anda yang sedang penat dengan yang Anda lakukan (misalnya bekerja dan berkutat dengan angka, tulisan, simbol dan kode-kode), Anda dapat berekreasi menjelajah keindahan-keindahan stereogram dan pesan rahasia di dalamnya sebagai alternatif pemandangan yang dapat memanjakan mata Anda untuk sejenak.

Jadi, sudah dapatkah Anda melihat pesan-pesan yang tersembunyi pada stereogram?

Apakah Anda menikmati keindahannya?

About these ads