“Secrets are made to be found out with time.”

Charles Sanford

Oke, sekarang akan diungkapkan solusi dari teka-teki pada post sebelumnya. Untuk mengingatkan, teka-tekinya ada di post sebelumnya.

Untuk mengingatkan, akan saya perlihatkan kembali gambarnya. Berikut adalah gambar karya Tuan Makoto Shinkai.

Salah satu gambar karya Makoto Shinkai

Anda dapat mengunduhnya di sini. Dan kunci yang telah disebutkan sebelumnya adalah

“Create the new world on the first initial point in distinction of Makoto Shinkai’s creation.”

Seperti yang telah saya katakan, kunci ini dapat membimbing anda pada suatu pesan tersemunyi yang telah disisipkan pada gambar di atas. Lalu, apakah arti dari kalimat kunci tersebut?

Sebenarnya, kalimat kunci yang utama hanyalah “Create the new world on the first initial point”, sedangkan “in distinction of Makoto Shinkai’s creation” hanyalah tambahan yang merujuk pada gambar di atas.

“Create the new world”

Secara bahasa, kata-kata ini memiliki arti: “Buatkan dunia baru”. Apa maksudnya? Yang  dimaksud dengan “dunia baru” adalah “dunia” yang berbeda dari “dunia” yang ada di sekelilingnya/sekitarnya, atau sesuatu yang berbeda dari lingkungannya. Dengan kata lain, Anda diminta untuk membuat sesuatu yang baru, yang berbeda dengan yang ada di sekitarnya pada gambar di atas.

Apakah sesuatu yang baru itu, bagaimana membuatnya, dan dimanakah pada gambar harus dibuatnya? Pertanyaan ini mungkin dapat dijawab jika kalimat kunci lanjutannya bisa ditebak.

“on the first initial point”

Secara bahasa, arti kata-kata di atas adalah “pada point awal (initial point) yang pertama”. Dengan demikian, sudah jelas bahwa ternyata dunia baru yang dimaksud di atas harus dibuat pada initial point pertama. Tapi apa itu initial point, dan di mana letaknya yang pertama?

Banyak sekali orang yang mengartikan initial point ini secara berbeda-beda. Namun pada umumnya, initial point adalah suatu point atau tempat atau keadaan suatu objek ketika suatu perhitungan referensi waktu dimulai. Dalam teka-teki ini kita ambil definisi pertama, yaitu: initial point adalah suatu point atau tempat ketika sesuatu dimulai.

Dalam kaitannya dengan lokasi, suatu tempat yang dinamakan dengan initial point adalah tempat yang dijadikan acuan untuk menghitung jarak/posisi lokasi tempat lain. Dan biasanya, untuk mempermudah perhitungan, posisi initial point ini diberi nilai point 0 (point zero) atau point nol.

Nah sekarang pertanyaannya adalah: di manakah pada gambar yang merupakan point nol? Seperti yang kita ketahui, gambar terdiri dari sekumpulan titik-titik (dalam bahasa kerennya disebut dengan pixels) yang saling melengkapi untuk membentuk suatu gambar utuh. Nah, dalam membuat suatu gambar, maka titik yang akan digambar pertama kali inilah yang disebut dengan titik nol. Di manakah titik yang pertama kali ini? Jawabannya adalah pada pixel di point(0,0).

Jadi, sudah jelaslah, kita diminta untuk membuat “dunia baru” di titik(0,0).

Pertanyaan yang belum terjawab adalah apa yang harus dibuat? seperti apakah “dunia baru” yang dimaksud? Untuk mengetahuinya, kita harus mengetahui apa yang ada disekitar titik(0,0). Yak, dapat dilihat pada gambar, di sekitar titik (0,0) hanya terdapat area yang berwarna hitam saja. Karena “dunia” yang akan dibuat harus berbeda dengan lingkungan sekitarnya, maka kita dapat “menumpahkan” warna lain yang berbeda dengan warna hitam.

Sehingga, arti kalimat “Create the new world on the first initial point in distinction of Makoto Shinkai’s creation.adalah “Tumpahkan warna lain yang berbeda dengan sekitarnya di titik(0,0) pada gambar karya Makoto Shinkai”

Maka, langkah langkah yang perlu diambil untuk dapat menemukan pesan rahasia pada gambar di atas adalah sebagai berikut.

  1. Unduh file gambarnya di sini.
  2. Buka editor gambar, misalnya Paint.
  3. “Tumpahkan” warna lain selain hitam di titik(0,0)
  4. Baca pesan tersembunyinya.

Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Gambar penyelesaian teka-teki

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.

Pesan rahasia

Yak, itulah pesan rahasia yang saya sisipkan pada gambar karya Makoto Shinkai di atas.

Begitulah, menarik kan?

Mohon komentarnya ya…

🙂

“The real secret of success is enthusiasm.”

Walter Chrysler