Pernahkah Anda log in dengan salah satu akun anda pada suatu layanan (dapat berupa akun email, akun facebook, akun suatu  forum dan lainnya) di internet? Harusnya sudah pernah (kecuali Anda sama sekali tidak mengenal internet).

Pernahkah anda malas untuk log in berkali-kali pada layanan yang sering Anda buka dan memilih menyimpan akun dan kata sandinya sedemikian sehingga Anda hanya tinggal menekan tombol “Login” atau “Sign In” ketika Anda ingin masuk ke dalamnya?  Ketika anda melakukannya, maka akun dan kata sandi Anda akan langsung dituliskan pada form log in ketika Anda hendak masuk ke dalam layanan (seperti pada gambar di bawah).

gambar contoh

 

 

Berhati-hatilah!!!

Menyimpan akun dan kata sandi seperti demikian sangat berbahaya, apalagi dilakukan pada komputer yang digunakan secara umum oleh banyak orang.

Orang bisa dengan mudah mengetahui kata sandi Anda yang disembunyikan dengan karakter bintang (biasanya) dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh seseorang untuk  mengetahui kata sandi Anda akan dibahas di bawah ini.

Pertama, buka salah satu layanan yang sudah ada akun dan kata kunci yang tersembunyi dalam karakter bintang (atau karakter lainnya) yang akan diincar. Misalnya, layanan email pada Gmail (mail.google.com).

gambar contoh

Kedua, tulislah script berikut (bisa pada notepad, notepad++, word atau apapun).

script yang digunakan

Ketiga, copy script yang telah dibuat dan paste di address bar layanan yang akan dicari katakuncinya.

penambahan script pada address bar

Keempat, tekan tombol Enter dan lihatlah kata kunci yang diinginkan akan muncul dalam pop up box.

pop up box muncul

Dengan demikian, kita sudah mengetahui bahwa akun yang tersimpan adalah “bukanorang@orang.com” dan kata kunci yang tersimpan adalah “akubukanorang”.

 

Oleh karena itu, berhati-hatilah jika melakukan log in pada suatu layanan pada komputer umum, dan berhati-hatilah ketika menyimpan akun dan kata kunci akun Anda.

 

Demikianlah.

Mohon komentarnya.

 

“Caution is the eldest child of wisdom”

Victor Hugo