Kali ini, mahasiswa ditugaskan untuk memerhatikan email attachment dan melakukan penyadapan terhadap email.

Berikut ini adalah tugasnya:

“Anda diminta untuk melakukan dua hal:

Kirimkan dua (2) attachment kepada diri Anda sendiri, kemudian lihat “raw file” dari berkas email tersebut. Tunjukkan bagaimana attachment diproses dalam email.

Anda diminta untuk menyadap email dengan menggunakan tcpdump, wireshark, atau mailsnarf. (Pilih salah satu saja.) Tunjukkan bagaimana mail yang disadap itu.”

1. Mengirim dua attachment kepada diri sendiri, kemudian lihat “raw file” dari berkas email tersebut, lalu menunjukkan bagaimana attachment diproses dalam email.

Saya mengirimkan email kepada diri sendiri di akun Gmail saya menggunakan aplikasi Mozilla ThunderBird. Setelah mengirimkannya, saya membuka kotak masuk, dan melihat email yang tadi dikirimkan. Dengan mengeklik Ctrl+U, didapat source sebagai berikut:

Tampilan Raw File Attachment

Dari gambar di atas, dapat dilihat header dan isi email. Di sana disebutkan sesuatu mengenai boundary yang bernilai

“——–020806040904050008070204”

yang didapat dari informasi yang ada di header.

Blok antara boundary pertama dan kedua serta blok antara boundary kedua dan ketiga merupakan informasi mengenai attachment yang telah dikirimkan. Sebelum dikirim, attachment di-encode dengan encode base64.


2. Menyadap email dengan menggunakan wireshark dan menunjukkan bagaimana mail yang disadap itu.

Hal pertama yang saya lakukan adalah mengaktifkan Aplikasi Wireshark yang akan digunakan untuk melakukan penyadapan terhadap email yang dikirmkan. Kemudian melakukan filter terhadap paket yang ter-capture oleh Wireshark dengan menggunakan filter smtp agar paket yang ter-capture hanyalah paket yang berasal dari email saja.

Kemudian, saya mengirimkan email kepada diri sendiri di akun Gmail saya dengan menggunakan Aplikasi Mozilla  ThunderBird.

Setelah itu, perhatikan paket yang tertangkap oleh Wireshark yang berkaitan dengan email yang dikirim. Pada Packet details dapat dilihat detail mengenai paket yang dipilih. Pada paket yang berkaitan dengan email yang dikirm, akan dapat dilihat header email berupa tujuan email, subjek email, tipe konten, dan jenis encoding, serta isi email yang dikirimkan.

 

Screen Shoot untuk penyadapan email akan diunggah kemudian karena satu dan berbagai hal.